Minggu, 24 Juli 2016

Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas) PENJAS SMP

Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas) PENJAS SMP

Anda Tidak Punya Waktu Mengerjakan PTK (Penelitian

 Tindakan Kelas? Kami Siap Membantu Anda Menyusun

PTK. Hubungi kami di 081222940294


KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN

A.    Kesimpulan

Berdasarkan analisis data hasil belajar passing atas bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Pada pratindakan dari 26 siswa, terdapat 11 siswa (42%) yang tuntas belajar.
  2. Pada akhir siklus I dari 26 siswa, terdapat 19 siswa (73%) yang tuntas belajar.
  3. Pada akhir siklus II dari 26 siswa, 23 siswa (88%) telah tuntas belajar.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015.

B.    Implikasi

Penelitian ini memberikan suatu gambaran yang jelas melalui penerapan metode bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini siswa. Penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu pertimbangan bagi guru pendidikan jasmani dalam menggunakan metode bantuan tutor sebaya sebagai metode alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran, khususnya pembelajaran passing atas bola voli mini.

Dengan penerapan metode bantuan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini, maka siswa memperoleh pengalaman baru dan berbeda dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pembelajaran passing atas yang pada awalnya susah dipahami oleh siswa dan kurang menarik bagi siswa, menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami siswa.

Pemberian tindakan dari siklus I dan II memberikan deskripsi bahwa terdapat kekurangan atau kelemahan yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung, namun kekurangan-kekurangan tersebut dapat diatasi pada pelaksanaan tindakan siklus-siklus berikutnya. Dari pelaksanaan tindakan yang kemudian dilakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dapat dideskripsikan terdapatnya peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani baik proses maupun hasilnya dan peningkatan hasil belajar siswa.

Dari segi proses pembelajaran pendidikan jasmani, penerapan metode bantuan tutor sebaya dapat merangsang aspek motorik siswa. Dalam hal ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang nantinya dapat bermanfaat untuk mengembangkan kebugaran jasmani, kerjasama, skill, dan sikap kompetitif yang kesemuanya ini sangat penting dalam pendidikan jasmani.

C.    Saran

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan beberapa hal, khususnya pada siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dijadikan sebagai objek penelitian sebagai berikut:
  1. Siswa sebaiknya lebih serius dalam mengikuti pembelajaran passing atas bola voli mini melalui metode bantuan tutor sebaya agar hasil belajar lebih baik.
  2. Guru pendidikan jasmani hendaknya menggunakan metode bantuan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
  3. Sekolah hendaknya berusaha menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung terlaksananya proses pembelajaran pendidikan jasmani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar