Selasa, 30 Agustus 2016

Materi UKG Pelajaran Penjaskes

Materi UKG Pelajaran Penjaskes


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini



  • Menjelaskan pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
  • Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
  • Mengimplementasikan fungsi dan manfaat pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan dalam pembelajaran di sekolah
  • Menjelaskan konsep perkembangan gerak peserta didik;
  • Menjelaskan tahap-tahap perkembangan gerak;
  • Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik;
  • Menerapkan prinsip perkembangan gerak dalam melakukan pembelajaran penjasorkes;
  • Menjelaskan konsep belajar gerak peserta didik;
  • Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran;
  • Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran penjasorkes;
  • Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran penjasorkes;
  • Menjelaskan konsep pengendalian gerak peserta didik;
  • Mengidentifikasi jenis pola gerak dasar dan teknik keterampilan;
  • Mengidentifikasi berbagai organ vital tubuh dan jaringannya;  
  • Menjelaskan konsep kerja organ vital tubuh dan jaringannya;
  • Menganalisis kerja organ vital tubuh dan jaringannya;
  • Menerapkan prinsip kerja organ vital tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
  • Mengidentifikasi berbagai gejala kejiwaan peserta didik;  
  • Menjelaskan konsep psikologi;
  • Menganalisis gejala psikologis peserta didik dan tindakannya;
  • Mengidentifikasi berbagai alat gerak tubuh manusia;  
  • Menjelaskan prinsip kerja alat gerak tubuh;
  • Menerapkan prinsip kerja alat gerak tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes;
  • Mengidentifikasi berbagai gejala sosial peserta didik;  
  • Menjelaskan konsep sosiologi;
  • Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan sosial peserta didik (dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin)
  • Menjelaskan konsep dasar kepelatihan olahraga kompetitif (prinsip, faktor, komponen);
  • Melakukan perencanaan, pelaksanakan, dan evaluasi hasil latihan sesuai dengan prinsip latihan.
  • Mengidentifikasi prinsip perencanaan kepelatihan olahraga prestasi
  • Menyusun program latihan sesuai dengan prinsip pengembangan program latihan;
  • Melaksanakan program latihan dengan berbagai metode;
  • Melakukan evaluasi hasil pelatihan olahraga kompetitif.
  • Mengidentifikasi tanda?tanda kegawatdaruratan;
  • Melakukan tindakan pertolongan sesuai dengan kegawatdaruratan yang dialami peserta didik.
  • Mengidentifikasi tanda?tanda cidera olahraga;
  • Mengidentifikasi landasan yuridis standar kompetensi mata pelajaran penjasorkes;
  • Menganalisis lingkup/strand mata pelajaran penjasorkes;
  • Menganalisis standar kompetensi mata pelajaran penjasorkes.
  • Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran penjasorkes;
  • Memetakan kompetensi dasar penjas berdasar lingkup, ranah, dan gradasinya;
  • Menganalisis kompetensi dasar penjasorkes.
  • Menjelaskan konsep dasar perumusan tujuan pembelajaran;
  • Mengidentifikasi ranah pembelajaran;
  • Merumuskan indikator pencapaian kompetensi;
  • Merumuskan tujuan pembelajaran.
  • Menjelaskan karakter peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya;
  • Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
  • Menjelaskan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran;
  • Memodifikasi materi pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik.
  • Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru
  • Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment)
  • Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri;
  • Menjelaskan konsep dasar Karya Tulis Ilmiah; prinsip, jenis, karakteristik, dan kriteria
  • Menjelaskan konsep dasar Penelitian  Tindakan Kelas; prinsip, jenis, karakteristik, dan kriteria
  • Menjelaskan tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
  • Membuat judul Penelitian Tindakan Kelas
  • Menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas
  • Menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas
  • Mempublikasikan hasil penelitian yang dilakukan
  • Menggunakan perangkat TIK dalam pembelajaran
  • Memilih teori belajar dalam penjasorkes yg sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik;
  • Mengidentifikasi berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam penjasorkes
  • Membandingkan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam penjasorkes
  • Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam penjasorkes yg sesuai dg tujuan pembelajaran
  • Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam penjasorkes yg sesuai dengan satuan pendidikan
  • Menganalisis berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam penjasorkes yg sesuai dengan satuan pendidikan
  • Menjelaskan prinsip?prinsip pengembangan kurikulum;
  • Menganalisis prinsip?prinsip pengembangan kurikulum;
  • Menganalisis materi pembelajaran penjasorkes yang sesuai dengan bekal ajar, dan tujuan pembelajaran penjasorkes
  • Menganalisis pola gerak dasar dalam permainan sederhana;
  • Mengevaluasi materi pembelajaran untuk mengembangkan pola gerak dasar.
  • Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup permainan dan olahraga;
  • Menganalisis keterampilan gerak dalam aktivitas permainan dan olahraga;
  • Mengidentifikasi unsur kebugaran jasmani jasmani
  • Mengevaluasi materi pembelajaran aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
  • Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas senam;
  • Menganalisis keterampilan gerak dalam aktivitas senam;
  • Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas ritmik
  • Menganalisis keterampilan gerak dalam aktivitas ritmik
  • Menjelaskan konsep aktivitas air
  • Menganalisis keterampilan gerak dalam aktivitas air
  • Menjelaskan konsep aktivitas pendidikan luar kelas
  • Mengevaluasi materi pembelajaran aktivitas pendidikan luar kelas
  • Mengidentifikasi materi kesehatan
  • Menjelaskan konsep dasar penyusunan silabus dan RPP; pengertian, komponen, prinsip, dan langkah penyusunan;
  • Mengidentifikasi komponen silabus dan RPP
  • Melaksanakan langkah dan prosedur pelaksanaan pembelajaran 8 ruang lingkup (pengembangan pola gerak dasar, aktivitas permainan dan olahraga, aktivitas
  • ritmik, aktivitas senam, aktivitas air, aktivitas pendidikan luar kelas, aktivitas pengembangan kebugaran jasmani, dan ilmu kesehatan (budaya hidup sehat) sesuai dengan silabus dan RPP
  • Menjelaskan konsep tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi hasil belajar
  • Menjelaskan jenis, bentuk, dan teknik tes dan non tes dalam penilaian 8 ruang lingkup (pengembangan pola gerak dasar, aktivitas permainan dan olahraga, aktivitas ritmik, aktivitas senam, aktivitas air, aktivitas pendidikan luar kelas, aktivitas pengembangan kebugaran jasmani, dan ilmu kesehatan (budaya hidup sehat)
  • Mengimplementasikan jenis, bentuk, dan teknik penilaian dalam pembelajaran penjasorkes
  • Merumuskan KKM dengan prinsip yang benar.
  • Mengidentifikasi jenis tindak lanjut hasil belaja

  • - See more at: http://modul.soalukg.com/info-115-materi-ukg-penjaskes.html#sthash.wMpWsuvf.dpuf

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar