Contoh PTK Penjas Kenaikan Pangkat Bola Voli Mini Kelas 4 Bab III
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
Belajar dan Pelajaran - PTK Penjas Kenaikan Pangkat Bola Voli Mini Kelas
4 Bab III - Berikut ini contoh BAB III contoh PTK Penjas dengan judul
Meningkatkan Teknik Dasar Pasing Atas Bola Voli
METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri ...., Kecamatan .... Kabupaten .....
2. Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016,
yaitu dari bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan Desember 2015 dengan
rincian sebagai berikut:
Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan Penelitian
No Uraian Kegiatan Bulan Ke
Okt Nov Des
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. Observasi kelas yang akan diteliti
2. Penyusunan proposal dan RPP
3. Pelaksanaan tindakan siklus I
4. Pelaksanaan tindakan siklus II
5. Penyusunan laporan hasil penelitian
B. Subjek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri .... Kabupaten ....
tahun pelajaran 2015/2016. Keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri ....
Kecamatan .... Kabupaten .... tahun pelajaran 2015/2016 dijadikan
subyek penelitian.Jumlah subyek dalam penelitian yaitu 26 orang yang
atas: 16 orang berjenis laki-laki dan 10 orang berjenis kelamin
perempuan.
C. Data dan Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut:
1. Data Hasil belajar pasing atas, diperoleh dari siswa;
2. Data Aktivitas guru, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung;
3. Data Keaktivan siswa, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung;
4. Data Pelaksanaan KBM dengan bantuan tutor sebaya, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung.
D. Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa catatan
hasil pengamatan. Hasil pengamatan tersebut dikumpulkan melalui
pengamatan, hasil tes siswa dan angket. Pemberian dan pengisian angket
oleh siswa dilaksanakan pada pertemuan ke dua (siklus terakhir), setelah
tindakan selesai.
E. Uji Validitas Data
Data yang sudah terkumpul merupakan modal awal yang sangat berharga
dalam penelitian ini, dari data yang terkumpul akan dilakukan analisis
yang selanjutnya dipakai sebagai bahan masukan untuk penarikan
kesimpulan. Melihat begitu besarnya posisi data, maka keabsahan data
yang terkumpul menjadi sangat vital.
Keabsahan data itu dikenal sebagai validitas data, sebagaimana
dijelaskan Alwasilah (2008: 170) bahwa tantangan bagi segala jenis
penelitian pada akhirnya adalah terwujudnya produksi ilmu pengetahuan
yang valid, sahih, benar, dan beretika.
Validitas data penelitian tindakan kelas ini diuji dengan menggunakan triangulasi, yaitu:
1. Hasil
belajar pasing atas bola voli mini dianalisis dengan menggunakan
triangulasi, yaitu dengan data yang diperoleh dari peneliti, observer,
dan siswa.
2. Keaktifan siswa dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
3. Aktifitas guru dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
4. Penggunaan metode bantuan tutor sebaya dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
5. Nilai hasil belajar pasing atas bola voli mini sebelum tindakan divalidasi dengan triangulasi peneliti.
6. RPP, silabus, kurikulum divalidasi dengan triangulasi dokumen.
7. Emosi siswa divalidasi dengan triangulasi kartu ceria.
F. Analisis Data
Data yang dianalisis meliputi data kuantitatif (dengan menampilkan
angka-angka sebagai ukuran prestasi), dan data kualitatif (dengan
menampilkan angka sebagai perbandingan). Analisis data dilakukan secara
deskriptif komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum
dan sesudah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Tahapan dalam
tindakan menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
1. Reduksi Data
Reduksi data dilakukan dalam rangka pemilihan dan penyederhanaan data.
Kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini adalah seleksi data dan
pembuangan data yang tidak relevan. Data-data yang relevan dengan
penelitian akan diorganisasikan sehingga terbentuk sekumpulan data yang
dapat memberi informasi faktual.
2. Penyajian data
Sebelum dilakukan penyajian data sebelumnya data dianalisis sebagai berikut:
a. Hasil belajar pasing atas dianalisis dengan menghitung prestasi pencapaian siklus I dan II.
b. Keaktifan siswa dianalisis kelemahan dan kelebihan siswa ketika pembelajaran berlangsung.
c. Aktivitas guru dianalisis kelemahan dan kelebihan guru ketika pembelajaran berlangsung.
d. Penggunaan metode bantuan tutor sebaya dianalisis kelemahan dan kelebihan siswa ketika pembelajaran berlangsung.
e. Nilai
hasil belajar pasing atas bola voli mini sebelum tindakan dianalisis
dengan cara membandingkan nilai yang dicapai dengan KKM.
f. RPP
dianalisis dengan analisis isi untuk melihat kesesuaian kompetensi dasar
RPP dengan silabus dan kurikulum serta langkah-langkah pembelajarannya.
Penyajian data dilakukan dalam bentuk sekumpulan informasi, baik berupa
tabel, bagan, maupun deskriptif naratif, sehingga data yang tersaji
relatif jelas dan informatif. Tindakan lanjutan, penyajian data
digunakan dalam kerangka menarik kesimpulan dari akhir sebuah tindakan.
3. Penarikan kesimpulan
Kegiatan penarikan kesimpulan merupakan kegiatan tahap akhir dari proses
analisis data. Penarikan kesimpulan disusun dengan mempertimbangkan
secara evaluatif berdasarkan kegiatan-kegiatan yang ditempuh dalam dua
tahap sebelumnya.
G. Indikator Kinerja Penelitian
Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatnya
hasil pembelajaran pasing atas melalui metode tutor sebaya yang dapat
dilihat pada perolehan nilai siswa kelas IV secara individual yang
didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan didukung
dengan perolehan nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%.
Mini melalui Bantuan
Tutor Sebaya Siswa Kelas IV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar