CONTOH PTK PENJASKES SD KELAS 4
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pendidikan Jasmani
2.1.1 Pengertian Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas
fisik sebagai media utama untuk mencapai tujuan. Pendidikan jasmani
merupakan bagian yang integral dari sistem pendidikan secara
keseluruhan, pendidikan jasmani merupakan upaya agar dapat
mengaktualisasikan seluruh potensi manusia dalam aktivitasnya berupa
sikap, tindakan dan karya yang di beri berbentuk isi, dan arah menuju
kebulatan pribadi sesuai dengan cita-cita kemanusiaan. Download ptk penjaskes sd doc
Selain itu pendidikan jasmani dapat juga diartikan pendidikan melalui
aktivitas jasmani, permainan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai
tujuan pendidikan. Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan
melalui aktivitas jasmani untuk mencapai perkembangan individu secara
menyeluruh.
Menurut Toto Subroto (2007:1.15) bahwa “Pendidikan Jasmani adalah proses
pendidikan melaui aktivitas jasmani, permainan dan atau cabang olahraga
yang terpilih dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan.” Tujuan
yang ingin dicapai bersifat menyeluruh, mencangkup aspek fisikal, tujuan
utama pendidikan jasmani adalah untuk memperkaya perbendaharaan gerak
dasar anak, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya.
Contoh ptk penjas kelas 4 sd
2.1.2 Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Peran Pendidikan Jasmani adalah sangat penting, yakni memberikan
kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman
belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan aktivitas olahraga yang
dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan
untuk membina, sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang
hayat. Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan
ketrampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap – mental – emosional – spiritual – dan
sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk
merangsang pertumbuhan dan perkembangan individu yang seimbang.
Dengan Pendidikan Jasmani siswa akan memperoleh berbagai ungkapan yang
erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan serta berbagai
ungkapan yang kreatif, inovatif, terampil dan memiliki kebugaran jasmani
dan kebiasaan hidup sehat serta memiliki pengetahuan dan pemahaman
terhadap gerak manusia. Contoh Proposal penjaskes pdf
Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru diharapkan
mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, tehnik dan strategi
permainan / olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur,
kerja sama, dan lain-lain) dan pembiasaan pola hidup sehat, yang dalam
pelaksanaannya bukan melalui pengajaran yang konvensional di dalam kelas
yang bersifat kajian teoritis, namun melibatkan unsure fisik, mental
intelektual, emosi dan sosial yang bersifat praktek. Aktivitas belajar
yang diberikan dalam pembelajaran harus mendapatkan sentuhan-sentuhan
didaktik-metodik, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat mencapai
tujuan pengajaran.
Tidak ada pendidikan yang tidak mempunyai sasaran pedagogis, dan tidak
ada pendidikan yang lengkap tanpa adanya Pendidikan Jasmani, karena inti
pembelajaran pendidikan jasmani adalah gerak insan dalam rangka
pembentukan dan pengembangan. Gerak sebagai aktivitas jasmani adalah
dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara
alamiah berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Berdasarkan uraian tersebut dapat digambarkan bahwa pendidikan jasmani
adalah proses pendidikan dengan menggunakan gerak jasmani yang dilakukan
secara sistematis dalam rangka meningkatkan ketrampilan motorik dan
mengembangkan sikap, nilai-nilai sosial, emosional dan intelektual
peserta didik. Download Proposal penjaskes bola voli sd Pendidikan
Jasmani banyak memberikan arti positif bagi perkembangan kemampuan anak,
khususnya dalam meningkatkan kebugaran jasmaninya. Pendidikan Jasmani
juga dapat dikatakan sebagai proses belajar gerak dan belajar melalui
aktivitas gerak.
Artinya bahwa Pendidikan Jasmani dituangkan dalam bentuk aktivitas gerak
berupa permainan maupun olahraga. Kegiatan pendidikan jasmani dapat
dilakukan pada jam pelajaran sekolah (intrakurikuler). Pendidikan
Jasmani penting dilakukan karena di antaranya dapat memenuhi kebutuhan
anak akan gerak, mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya,
menanamkan dasar ketrampilan dan merupakan proses pendidikan secara
serempak baik fisik, mental, maupun emosional. Download ptk penjaskes sd doc
2.1.3 Tujuan Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani adalah pergaulan dunia gerak dan penghayatan jasmani.
Juga dikatakan bahwa guru pendidikan jasmani mencoba mencapai tujuannya
dengan mengajarkan dan memajukan aktivitas-aktivitas jasmani. Tujuan
pendidikan jasmani yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan
potensi anak, baik dalam aspek fisik, mental, sosial, emosional. Dalam
bentuk bagan dapat digambarkan sebagai berikut:
Pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber
daya manusia. Pada tataran individu, pendidikan jasmani dapat
mengembangkan pola hidup sehat, mengurangi tekanan atau stress,
meningkatkan kinerja, meningkatkan daya saing, dan membentuk sikap dan
perilaku yang prososial. Download PTK olah raga bola voli sd
Tujuan pendidikan jasmani yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memepelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan
potensi anak, baik aspek fisik, mental, sosial dan emosional.
Selain itu tujuan pendidikan jasmani adalah sebagai berikut :
1. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai dalam Pendidikan Jasmani.
2. Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta damai, sikap sosial
dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis, dan agama.
3. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui pelaksanaan tugas-tugas
ajar Pendidikan Jasmani. Contoh ptk penjas sd word
4. Mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya
diri, dan demokratis melalui aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
5. Mengembangkan
ketrampilan gerak dan ketrampilan berbagai macam permainan dan olahraga
seperti : permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan, uji
diri/senam, aktivitas ritmik, akuatik (aktivitas air), dan pendidikan
luar kelas (outdoor education).
6. Mengembangkan
ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas
jasmani dan olahraga.
7. Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.
8. Mengetahui
dan memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga sebagai informasi
untuk mencapai kesehatan, kebugaran, dan pola hidup sehat. Download ptk penjaskes sd doc
9. Mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif.
2.2 Belajar
Dalam kehidupan sehari-hari, kata “belajar” sering kita dengar bahkan
sering kita ucapkan. Akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami
apa yang di maksud dengan belajar atau bagaimana proses belajar terjadi.
Secara tradisional, belajar itu adalah usaha untuk menambah atau
mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Sedangkan menurut pendapat yang lebih
modern, menganggap belajar sebagai “ a change in behavior” atau
perubahan perilaku yang baru sehingga dengan perilaku tersebut dapat
mengadakan penyesuaian dan pertimbangan dengan tuntutan-tuntutan
hidupnya. Secara fisiologi proses belajar seseorang tergantung pada
kesempurnaan panca indra yang dimilikinya. Download PTK olah raga bola
voli sd
Melalui panca indera yang dimilikinya akan menghubungkan orang tersebut
dengan dunia luar melalui susunan urat syaraf yang sangat komplek dan
berfungsi dengan kecermatan yang sangat menakjubkan. Tugas utama peserta
didik di sekolah adalah belajar, untuk terjadinya proses belajar mereka
harus di bantu dalam rangka mengembangkan potensi yang dimilikinya.
2.3 Strategi Belajar Mengajar
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan
untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan.
Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi biasa diartikan sebagai
pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan
belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut :
a) Mengidentifikasikan
serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan
kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan. Download ptk penjaskes sd doc
b) Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
c) Memilih
dan menetapkan prosedur, metode, dan tehnik belajar mengajar yang
dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh
guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
d) Menetapkan
norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar
keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan
evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan
umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan
secara keselururhan.
Strategi belajar mengajar merupakan suatu prosedur memilih, menetapkan,
dan memadukan kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan
pembelajaran. Download Proposal penjaskes bola voli sd Penyusunan suatu
strategi merupakan kegiatan awal dari seluruh proses belajar mengajar.
Strategi mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa yang
bersangkutan, bahkan sangat menentukan. Oleh sebab itu seorang guru
jika ingin tercapai tujuan pembelajarannya, maka di tuntut untuk
memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun strategi belajar
mengajar.
Mengajarkan sejumlah kegiatan belajar merupakan upaya pokok dalam
mewujudkan pendidikan jasmani untuk mencapai tujuannya. Bagaimana
memilih dan menetapkan berbagai kegiatan mengajar sedangkan kegiatan
belajar merupakan bidang garapan dari strategi belajar mengajar.
Strategi belajar mengajar akan menghasilkan proses belajar mengajar yang
lebih menekankan pada perubahan-perubahan. Pada dasarnya,
perubahn-perubahan tersebut menuju kepada peningkatan kemampuan dan
kondisi fisik, perkembangan mental dan sosial anak didik melalui
kegiatan anak seutuhnya. Download ptk penjaskes sd doc
Dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani, yang penting adalah
memaksimalkan partisipasi dari semua siswa. Partisipasi siswa dapat
terjadi bila atmosfer belajar menggairahkan dan keadaan lingkungan
belajar mendukung, maksudnya siswa merasa aman, merasa diakui dan
berharga di kelasnya. Semua kemampuan siswa diakui oleh gurunya,
penampilan guru sangat hangat dan bersahabat, tidak menimbulkan rasa
takut, tegang, atau resah. Untuk mencapai suasana tersebut, guru
pendidikan jasmani harus memahami tugasnya dan menguasai ketrampilan
dalam menerapkan strategi belajar mengajar yang tepat.
2.4 Bermain
Permainan merupakan cabang olahraga yang kita gunakan sebagai alat dalam
usaha pendidikan. Tiap kali kita menggunakan suatu alat pasti kita
mengharapkan kegunaan alat itu dalam usaha kita untuk mencapai tujuan. Contoh ptk penjas sd word Orang biasanya mengalahkan bermain adalah bergerak sambil bersenang-senang. Dalam pengertian permainan termasuk bergerak.
Jadi permainan selalu diiringi oleh gerakan. Bukan hanya gerakan jasmani
saja, tetapi gerakan (getaran) jiwa juga. Para tokoh tidak puas dengan
pengertian permainan seperti dikatakan di atas. Banyak konsep tentang
permainan dikemukakan oleh beberapa tokoh, diantaranya:
a. John
Dewey, seorang tokoh filsofof pendidikan, mengakui pentingnya bermain
dalam kehidupan ini, ia berpendapat bahwa bermain adalah suatu pandangan
atau suatu sikap hidup yang dapat dilakukan dalam segala situasi
b. Josph
Lee, sebagai Father of Playgrounds melihat bermain merupakan suatu
factor yang mempengaruhi perkembangan tiap individu Contoh ptk penjas
kelas 4 sd
c. Lawrence
Jacks, seorang pendidik dan pengarang dari Inggris mengutarakan, bahwa
kepentingan bermain juga terletak pada sifat atau unsure perangsang
terhadap keinginan belajar atau pendidikan
Bermain adalah belajar menyesuaikan diri dengan keadaan anak-anak
bermain di daerah sekelilingnya dan dengan barang dalam daerah itu.
Dengan jalan demikian anak-anak mengenal akan tabiat dan sifat-sifat
lain daerah dan barang-barang itu. Mula-mula bayi bermain dengan bagian
badan sendiri, kemudian dengan barang-barang yang dijumpainya dan
diberikan kepadanya.
Anak-anak menjadi tahu dan biasa dengan bentuk, berat, dan rasa
barang¬barang itu. Anak-anak yang sedang bermain boleh dikatakan keluar
dari dunia lingkungan hidup sekelilingnya, mereka hidup dalam alam
fantasi. Ia lupa bahwa diselilingnya ada dunia (dunia yang
sungguh-sungguh) lain dari dunia yang dialaminya (dunia fantasi). Makin
tua si pemain, makin ada kesadaran akan adanya dua macam dunia
(permainan dan yang biasa). Contoh Proposal penjaskes pdf
Waktu kita (dewasa) bermain sandiwara umpanya kita insaf akan kenyataan
bahwa sesuatu yang kita perbuat itu adalah fantasi belaka. Bahkan
mungkin sekali kita lebih insaf akan hal itu dan pada para penonton.
Sehingga pada umumnya guru yang memberikan pelajaran bermain sandiwara
itu mudah untuk menyesuaikan itu mudah untuk menyesuaikan diri dengan
jiwa anak-anak yang diajar.
Teori Permainan
a. Teori
kelebihan tenaga dari Herbert Spencer, isinya mengatakan bahwa tenaga
yang berlebihan yang ada pada anak itu menurut jalan keluar dan dapat
disalurkan dalam permainan. Lebih-lebih bagi pemuda-pemuda yang kurang
mendapat kesempatan untuk mengeluarkan atau melayani hasrat bergeraknya
Contoh ptk penjas kelas 4 sd
b. Teori
rekreasi dari Schaller dan Lazarus. Teori ini mengemukakan bahwa
permainan itu adalah keasyikkan yang bukan dalam bentuk bekerja dan
bermaksud untuk bersenang-senang serta istirahat. Permainan dilakukan
orang setelah lelah bekerja dan bermaksud menyegarkan kembali jiwa dan
raganya
c. Teori
Atavisme dari Stanley Hall, menerangakan bahwa permainan anak itu adalah
ulangan daripada kehidupan nenek moyangnya. Teori ini boleh dikatakan
sesuai dengan pendapat Haeckel, yang mengatakan bahwa menurut hukum
dasar biogenese tiap-tiap anak itu mengulangi perbuatan-perbuatan nenek
moyangnya. Memang dalam perkembangan permainan anak itu Nampak ada
permainan sebagai pemburu sebagai petani, sebagai pedagang, permainan
membuat rumah, jalan-jalan dan sebagainya. Contoh ptk penjas sd word
Tetapi hal ini disebabkan oleh jiwa anak itu, yang mewarisi dari jiwa
nenek moyangnya atau karena jalan pikiran anak itu sejalan dengan
manusia sederhana (primitive), hal itu sukar dikatakan dengan pasti
d. Teori
persiapan atau latihan dari Groos, yang pokok isinya memandang bermain
itu sebagai latihan manusia belum dewasa untuk menyiapkan beberapa
fungsi-fungsi bagi keperluan hidup.
e. Teori
Katarsis dari Aristoteles memandang permainan itu sebagai saluran untuk
menyalurkan segala emosi yang tertahan dan menyalurkan perasaan yang
tidak dapat dinyatakan kearah yang baik
f. Teori
Fantasi (Fiksi) dari Claparede, berpendapat bahwa anak itu bermain
Karena dalam hidupnya sehari-hari ia tidak mendapat kepuasan, sehingga
ia melarikan diri ke alam fantasi di dalam permainannya, tempat ia dapat
melepaskan segala kehendak dan kemauannya, dapat menjadi raja yang
berkuasa dan sebagainya Download PTK olah raga bola voli sd
g. Teori
relaksasi dari Patrick, bahwa bermain adalah menyenangkan dan dilakukan
karena ingin bermain. Bermain adalah cara untuk melepaskan diri
dari segala beban kehidupan dan segala macam paksaan. Bermain
menimbulkan kepuasan, menghilangkan ketegangan dan tekanan yang ada pada
diri pribadi
2.4.1 Manfaat Permainan
a. Dipandang dari sudut kesehatan
Tiap-tiap manusia mempunyai naluri untuk bergerak. Lebih-lebih pada
anak-anak naluri untuk bergerak itu besar sekali. Gerakan itu sangat
berguna untuk fungsi-fungsi rohani dan jasmani.
Bergerak adalah sama pentingnya dengan makan, minum dan tidur. Melarang
anak bergerak berarti menahan, merintangi pertumbuhan rohani dan
jasmaninya. Bergerak dalam permainan yang dijalankan dalam suasana
gembira mempunyai pengaruh baik sekali bagi organ-organ dalam yang
mendorong pertumbuhan. Contoh Proposal penjaskes pdf Oleh karena itu, maka suasana gembira dalam latihan-latihan dan permainan-permainan harus selalu diusahakan oleh guru.
Dalam permainan, anak banyak sekali bergerak, suatu hal yang mempunyai
pengaruh baik terhadap peredaran darah dan pernafasan. Luas pernafasan
diperbesar, ruang dada diperbesar ke seluruh jurusan, dan paru-paru
berfungsi lebih baik. Semua alat-alat pernafasan menjadi terlatih.
Jantung pun menjadi lebih kuat memompa darah yang diperlukan di seluruh
tubuh. Karena latihan-latihan tersebut, maka organ-organ tubuh kita
berfungsi lebih baik dan pada gilirannya akan meningkatkan kesegaran
jasmani dan kesehatan
b. Dipandang dari sudut Pendidikan
Ahli-ahli pendidikan seperti Gutsmuths, Montessori dan Frobel
menganjurkan, supaya permainan itu menjadi alat pendidikan yang utama,
untuk menuntun pertumbuhan jasmani dan rohani. Umumnya anak-anak bermain
dalam suasana jiwa bebas, lepas dari segala rintangan dan tekanan.
Mereka seakan-akan mencerminkan jiwa mereka kepada kita, sehingga mudah
bagi kita untuk mengetahui tabiat tiap anak. Contoh ptk penjas sd word Maka para ahli pendidikan mengatakan bahwa anak yang sedang bermain adalah sebagai buku terbuka, yang mudah terbaca
Dalam permainan anak-anak itu seorang berhadapan dengan seorang atau
seorang berhadapan dengan kelompok. Dalam permainan seorang lawan
seorang anak itu belajar memberi dan menerima. Belajar mengukur kekuatan
atau kecakapan sendiri dengan kekuatan/kecakapan orang lain, belajar
bergaul dengan orang lain. Dalam permainan kelompok lawan kelompok akan
timbul rasa persatuan, kerja sama karena serasa senasib sepenanggungan
antara sesama kelompok, rasa tanggung jawab terhadap orang lain,
menjunjung tinggi hak-hak orang lain, kerja sama untuk tujuan bersama,
menyampaikan kepentingan pribadi untuk kepentingan orang banyak.
Download PTK olah raga bola voli sd
c. Dipandang dari sudut perkembangan pribadi
Bermain merupakan peristiwa hidup sangat digemari oleh anak-anak maupun
orang dewasa. Melalui bermacam-macam kegiatan yang ada dalam olahraga
permainan di sekolah, banyak fungsi-fungsi kejiwaan dan kepribadian yang
dapat dikembangkan, misalnya: keseimbangan, kecepatan proses berpikir,
daya konsentrasi keakraban bergaul, kepemimpinan dan masih banyak lagi.
Fungsi-fungsi kejiwaan dan kepribadian sangat mungkin dikembangkan
melalui kegiatan-kegiatan bermain. Hal ini disebabkan oleh karena
didalam bermain banyak kejadian-kejadian yang melibatkan keaktifkan
kejiwaan dan kepribadian masing-masing peserta. Download ptk penjaskes sd doc
Setiap peserta dalam suatu kegiatan bermain selalu dituntut untuk
bertingkah laku seperti apa yang dikehendaki oleh kehidupan di
masyarakat sosialnya misalnya: kalau dalam kehidupan bermasyarakat
dituntut adanya kejujuran, kerjasama, patuh pada makna atau
ketentuan-ketentuan lain yang telah disepakati bersama maka dalam
kegiatan-kegiatan bermain pada setiap pelakunya juga dituntut untuk
memiliki kejujuran dapat kerjasama yang baik, sportif, tunduk pada
peraturan-peraturan permainan yang telah digariskan.
Begitu pula kalau dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut untuk selalu
mematuhi etika hidup bersama, maka dalam bermain ada tuntutan yang
serupa dengan masalah etika tadi, yaitu pada setiap peserta dalam suatu
permainan juga ada keharusan untuk mematuhi etika-etika yang ada dalam
masing-masing permainan yang dilakukan tadi. Berdasarkan pada
kenyataan-kenyataan seperti di atas tidak berlebihan kalau dikatakan
bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam permainan di sekolah
banyak fungsi-fungsi kejiwaan dan sifat-sifat kepribadian yang dapat
ditanamkan dan dikembangkan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh
kehidupan bersama dalam masyarakat. Download Proposal penjaskes bola
voli sd
2.5 Permainan Bola Voli
2.5.1 Pengertian Permainan Bola Voli
Permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim, yang
masing-masing tim berjumlah 6 orang pemain. Setiap pemain memiliki
keterampilan khusus yakni sebagai pemukul, pengumpan, dan libero.
Permainan bola voli dimainkan menggunakan satu bola yang dipantulkan
dari satu pemain ke pemain lain dengan cara passing yang diakhiri dengan
smash pada tim lawan, dan untuk kedua tim dipisahkan oleh net dengan
ketinggian tertentu (Muhyi, 2016).
Kemenangan dalam permainan bola voli ditentukan berdasarkan hasil
perhitungan 0-2 5, tim yang mencapai skor 25 terlebih dahulu maka tim
tersebut yang menjadi pemenang untuk satu kali permainan, biasanya
ditentukan tidak hanya sekali permainan namun untuk meraih kemenangan
secara keseluruhan adalah tiga kali kemenangan secara berturut-turut. Download ptk penjaskes sd doc
Untuk formasi pemain di lapangan adalah 3 orang pemain ada di wilayah
serang yakni berdekatan dengan net dan 3 orang pemain berada di kotak
bertahan di belakang garis serang.
2.5.2 Karakteristik Permainan Bola Voli
Karakteristik permainan bola voli sangat membutuhkan komponen biomotorik
seperti kekuatan (power), kecepatan (speed), kelincahan (agility), dan
daya tahan (endurance). Beberapa komponen tersebut harus di milki oleh
para permainan karena dalam permainan bola voli lebih cenderung
berlangsung dalam tempo yang cepat.
Dalam permainan bola voli, fisik yang kuat tidak terlepas dari peran
komponen biomotorik yakni unsure kecepatan, kekuatan, kelincahan, waktu
reaksi, dan keseimbangan. Namun pemain bola voli mempunyai fisik kuat
saja tidak cukup, harus di dukung dengan teknik memukul bola (hit the
ball), teknik menghadang pukulan dan teknik passing serta teknik
melakukan servis. Contoh ptk penjas sd word
Pada permainan bola saat ini dukungan mental yang kuat memiliki peran
strategis, karena tantangan masing-masing pemain tidak hanya pada fisik
saja namun psikologis atau mental, artinya tidak mudah putus asa, penuh
semangat dan kompak, kepribadian pemain sangat menentukan untuk meraih
prestasi, sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh Maksum dalam buku
permainan bola voli (Surabaya: Graha Pustaka Media Utama, 2016), p. 4).
Fisik, mental, dan teknik yang kuat masih belum maksimal tanpa di
dukung oleh strategi perorangan dan strategi tim yang bagus dari pihak
pelatih. Untuk menjadi pemain yang berkualitas tinggi dalam permainan
bola voli diperlukan penguasaan teknik ketrampilan bagus, dan di dukung
dengan program latihan yang berkelanjutan dan menyeluruh.
2.5.3 Peraturan Bola Voli
Dalam permainan bola voli terdapat peraturan permainan diantaranya:
1. Setiap
memenangkan suatu reli memperoleh 1 (satu) angka (point), apabila regu
penerima memenangkan reli akan memperoleh 1 (satu) angka dan mendapat
giliran servis, akan melakukan pergeseran (rotasi) satu posisi searah
jarum jam Download Proposal penjaskes bola voli sd
2. Pelatih
boleh memberikan instruksi kepada pemain didalam lapangan (walaupun
bola dalam permainan) sambil berdiri ataupun berjalan di daerah bebas,
di depan bangku cadangan sampai daerah pemanasan dengan tidak menggangu
jalannya pertandingan
3. Memenangkan
satu set Suatu set (kecuali set ke V) dimenangkan oleh satu regu yang
lebih dahulu mendapatkan angka 25 dengan minimal selisih 2 (dua) angka.
Dalam kedudukan angka 24-24; permainan dilanjutkan sampai tercapai
selisih 2 (dua) angka (26 – 24, 27 – 25 dst)
4. Dalam
kedudukan set 2 – 2 , mka set penentuan (set ke V) dimainkan hingga
angka 15 dengan selisih minimal 2 (dua) angka (16 – 14, 18 – 16 dst) Contoh ptk penjas sd word
5. Apabila
satu regu menolak untuk bermain setelah dipanggil untuk melaksanakan
pertandingan, maka regu tersebut dinyatakan kalah 0 – 3 dan 0 – 25 untuk
setiap set
6. Pergantian terpaksa (istemewa)
Pada waktu terjadinya pergantian istimewa karena cedera (kecuali libero)
dapat di ganti oleh setiap[ pemain yang tidak bermain. Pemain yang
cedera tersebut tidak boleh bermain kembali selama pertandingan tersebut
7. Pergantian tidak sah
Regu itu dikenakan sangsi (hukuman) dengan kehilangan reli (regu lawan mendapat tambahan angka dan berhak melakukan servis)
8. Penyeberangan
ke dalam daerah lawan baik telapak kaki maupun telapak tangan selama
masih kontak dengan garis tengah diperbolehkan Download ptk penjaskes sd doc
9. Sentuhan
terhadap net bukan suatu kesalahan, kecuali pemain tersebut menyentuh
pada saat berusaha memainkan bola atau dengan sengaja memegang net
10. Pelaku servis harus melakukan servis sebelum 8 detik setelah wasit I membunyikan peluit tanda dimulai servis
11. Time Out dan Technical Time Out
Pada set I – IV, terdapat 2 (dua) kali technical time out masing-masing
90/detik. Hal ini secara otomatis diberikan bila salah satu regu lebih
dahulu mendapat angka 8 dan 16
12. Perselangan waktu antara set kurang dari 3 menit
Khususnya untuk pertandingan resmi FIVB atau PBVSI, antara set I dan set III diberikan perselangan waktu 10 menit Contoh Proposal penjaskes pdf
2.5.4 Gerak Dasar Permainan Bola Voli
Gerak dasar dalam permainan bola voli adalah keterampilan gerak yang
dilakukan dalam kegiatan bermain bola voli baik yang berkaitan dengan
aktivitas pada saat memainkan bola maupun pada saat tanpa memainkan
bola. Gerak dasar itu mencakup keterampilan lokomotor dan keterampilan
manipulative.
Yang dimaksud dengan keterampilan lokomotor adalah kemampuan seseorang
untuk bergerak atau memindahkan titik berat badan dan posisi badannya
dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Keterampilan itu mencakup
gerakan melompat ke arah tegak, terutama dengan bertumpu pada dua kaki,
dan keterampilan berjalan atau berlari beberapa langkah untuk mengambil
posisi yang baik agar bola dapat dimainkan dengan baik sesuai dengan
tujuan yang dikehendaki oleh pemain. Download PTK olah raga bola voli sd
Gerakan ini termasuk dalam langkah-langkah khas atau “foot work” untuk
bermain bola voli.
Keterampilan manipulative, terutama menggunakan satu tangan atau dua
tangan yang disatukan merupakan kemampuan pokok dalam bermain bola voli.
Hal ini sesuai dengan karakteristik utama bermain bola voli yaitu bola
dipukul dengan satu pukulan oleh tangan atau disentuh oleh bagian tubuh
lainnya (misalnya kepala, kaki), sebelum bola menyentuh permukaan
lapangan. Karena itu, permainan bola voli tergolong permainan yang
membutuhkan kemampuan pemain untuk memusatkan perhatian pada satu obyek
yang dimainkan bersama, yakni bola.
Sehubungan dengan hal itu, permainan ini juga membutuhkan kemampuan
untuk mempersepsi bola, mencakup arahnya, ketinggiannya, dan
kecepatannya, untuk kemudian dipukul. Berdasarkan persepsi terhadap
bentuk stimulus maka disiapkan respons yang sesuai sehingga cocok
diterapkan konsep perception-action. Bola dapat dimainkan dengan cara
memantulkan atau memukul hanya satu kali oleh satu tangan, dua tangan
menjadi satu, ataupun dua tangan membuka, bahkan kini bola dapat
dimainkan oleh seluruh anggota tubuh. Contoh ptk penjas sd word
a) Gerak dasar tanpa bola
Gerak dasar lokomotor yang menjadi landasan bagi pelaksanaan teknik dasar bola voli mencakup:
1. Gerak dasar bergerak maju
2. Gerak dasar bergerak mundur
3. Gerak dasar bergerak samping kiri
4. Gerak dasar bergerak samping kanan
5. Gerak dasar melompat
Gerak dasar maju adalah perpindahan posisi badan ke depan, beberapa
langkah, dengan kecapatan yang selaras dengan kecepatan bola berdasarkan
persepsi pemain. Makin cepat bola bergerak, semakin cepat gerakan itu
dilaksanakan. Gerakan itu dilakukan sebagai Persiapan untuk melaksanakan
sikap dasar agar dapat memainkan bola dengan baik, yaitu memvoli bola
kea rah yang tepat. Download Proposal penjaskes bola voli sd Misalnya,
memvoli bola untuk diteruskan kepada pemain berikutnya, baik untuk
tujuan sekedar untuk menghidupkan bola agar tidak mati maupun untuk
maksud mengumpan bola guna diteruskan dengan pukulan menyerang dengan
teknik smes atau “spike”.
Gambar 2.2 Gerak dasar maju
Sumber Bola voli, 2000:19
Sebagai lawan dari gerak maju adalah gerakan mundur. Sama halnya dengan
gerakan maju, gerakan ini dilakukan dengan maksud untuk memperoleh
posisi badan yang tepat untuk menerima atau memainkan bola. Gerakannya
tidak dalam bentuk gerak lari yang sesungguhnya, melainkan gerak langkah
khas dalam bola voli yang kemudian memungkinkan terbentuk sikap dasar
atau stance untuk menerima bola dan bola dapat di pukul dengan
sebaik-baiknya. Contoh ptk penjas sd word
Gambar 2.3 Gerak dasar mundur
Sumber Bola voli, 2000:19
Gerakan semacam itu juga dilakukan ke kiri atau ke kanan, atau kearah
samping yang dilakukan dengan menggeserkan kaki kanan, disusul kaki
kiri, atau sebaiknya kaki kiri disusul dengan kaki kanan. Kecepatannya
juga dipengaruhi oleh persepsi pemain terhadap arah dan kecepatan bola. Contoh Proposal penjaskes pdf
Karena bola dimainkan tangan dengan tujuan dipukul keras ke arah
lapangan lawan, dari atas ke bawah, melewati atas jarring yang menjadi
pembatas dan sekaligus perintang, maka keterampilan dasar melompat ke
arah tegak (vertical) menjadi keterampilan pokok yang didukung oleh
kekuatan dan power, di samping koordinasi.
Gambar 2.4 Gerak dasar melangkah ke kanan dan ke kiri
Sumber Bola voli, 2000:19-20
Itulah sebabnya, pemain yang memiliki tinggi badan yang melebihi pemain
lawannya memperoleh keuntungan, karena dia akan unggul dalam hal
mencapai ketinggian lompatan, terutama untuk melakukan pukulan menyerang
dengan kuat dan cepat. Download PTK olah raga bola voli sd
Keterampilan dasar melompat itu sangat dominan dilakukan di derah dekat
dan sepanjang jaring. Bahkan dalam permainan bola voli modern, servis
(pukulan pertama untuk membuka permainan) juga dilakukan oleh pemain
dengan melambung bola tinggi-tinggi, dan kemudian ia melompat seperti
teknik dasar melakukan serangan dengan teknik smes atau spike.
Gambar 2.5 Gerak dasar melompat ke atas
Sumber Bola voli, 2000:2 1
b) Gerak dasar dengan bola
Gerak dasar tanpa bola dan dengan bola, pada dasarnya merupakan satu
kesatuan, dalam satu rangkaian. Gerak dasar tanpa bola dilaksanakan
sebagai persiapan untuk melaksanakan gerak dasar dengan bola. Gerak
dasar dengan bola meliputi:
1. Memainkan bola dengan satu tangan
2. Memainkan bola dengan dua tangan di atas Contoh ptk penjas sd word
3. Memainkan bola dengan dua tangan di bawah
4. Memainkan bola dengan satu tangan sambil melompat
Memukul bola dengan tangan merupakan bentuk keterampilan manipulative
yang paling dominan dalam permainan bola voli. Pukulan itu dilakukan
hanya sekali dalam satu kesempatan, sebelum diselingi kesempatan bagi
pemain lainnya. Karena itu, pukulan itu harus dilaksanakan dengan baik,
di lihat dari arahnya, demikian pula dalam hal daya yang dikerahkan.
Pukulan itu dapat dilakukan dengan satu tangan, dan bola memantul satu
kali. Perkenaan bola bisa pada telapak tangan yang digenggam atau
mengenai lengan bagian bawah. Dengan demikian akan tampak aksi memukul
untuk menjamin pukulan itu sah hanya sekali pantulan, bukan pantulan
berganda yang di anggap melanggar peraturan.
Gambar 2.6 Memukul bola dengan satu tangan
Sumber Bola voli, 2000:22
Gerakan tersebut memang tidak sepenuhnya dikatakan memukul, bergantung
pada arah dan kecepatan bola yang datang. Yang jelas adalah bola itu
memang dimainkan, bukan ditahan, sehingga tampak bola itu memantul. Download ptk penjaskes sd doc
Yang digunakan adalah salah satu tangan, kiri atau kanan, sesuai dengan
kebutuhan. Sehubung dengan hal ini, idealnya pemain sudah diajarkan
untuk mampu menggunakan kedua belah tangannya, jadi tidak hanya memakai
tangan yang dominan.
Boleh juga dapat dimainkan dengan kedua tangan yang disatukan, sehingga
terbentuk sebuah bidang pemukul atau tempat bola memantul. Penyatuan
kedua tangan itu dilakukan dengan menjamin hanya terjadi pantulan, untuk
mencegah pantulan berganda. Keterampilan dasar ini, seperti dengan
menggunakan satu tangan, diupayakan dalam posisi yakni tangan itu
mengenai bagian bawah bola agar terjadi teknik memvoli. Dengan demikian
bola melayang mengikuti arah parabola dalam kecepatan yang sesuai dengan
kebutuhan. Download Proposal penjaskes bola voli sd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar