PTK Penjas Kenaikan Pangkat Bola Voli
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem
pendidikan secara keseluruhan bertujuan untuk mengembangkan aspek
kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas
emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui
aktivitas jasmani dan olahraga. Dalam proses pembelajaran Pendidikan
Jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar,
teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai
(sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan hidup
sehat. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru dapat memberikan berbagai
pendekatan agar siswa termotivasi dan tertarik untuk mengikuti
pembelajaran. Cara pelaksanaan pembelajaran kegiatan dapat dilakukan
dengan latihan, menirukan, permainan, perlombaan, dan pertandingan
(Depdiknas, 2003:5-6).
Ruang lingkup olahraga meliputi olahraga masyarakat, olahraga prestasi,
dan olahraga pendidikan. Salah satu bagian dari olahraga pendidikan
terdapat pendidikan jasmani yang merupakan salah satu mata pelajaran di
sekolah dasar.
Permainan dan olahraga meliputi olahraga tradisional, permainan.
eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor, dan manipulatif,
atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli,
tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri, serta aktivitas
lainnya, olahraga tradisionaldan aktivitas luar kelas. Dalam pendidikan
jasmani permainan merupakan olahraga yang paling digemari siswa, salah
satu di antaranya adalah permainan bola voli mini.
Pelaksanaan proses pembelajaran permainan bola voli mini di SD Negeri
.... Kecamatan .... Kabupaten .... masih banyak ditemukan masalah di
antaranya adalah kurangnya penguasaan teknik pasing atas. Siswa kelas IV
dalam melakukan pasing atas masih merasa takut terhadap bola. Siswa
juga beranggapan bahwa bola itu berat dan siswa takut jika jari tangan
akan cedera akibat menahan bola. Selain itu, siswa tidak berani melihat
arah datangnya bola ketika melakukan pasing atas. Penggunaan metode
pembelajaran yang kurang menyenangkan menyebabkan siswa kurang
termotivasi untuk belajar teknik dasar pasing atas bola voli. Selama ini
teknik yang diberikan guru pendidikan jasmani dalam mengajar pasing
atas masih sulit dipelajari oleh siswa, akibatnya siswa kurang terampil
dalam melakukan teknik dasar pasing atas bola voli. Terbukti dari hasil
evaluasi, baru 42% siswa yang telah dapat melakukan teknik passing atas
dengan baik dan benar dan sisanya 58% siswa masih belum menguasai teknik
dasar pasing atas dengan baik dan benar.
Kondisi demikian apabila dibiarkan akan mempengaruhi pencapaian prestasi
belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan adanya suatu permasalahan yang
harus dicari jalan keluarnya.
Berdasarkan pengamatan diketahui adanya beberapa masalah yang
menyebabkan kurangnya penguasaan teknik dasar pasing atas siswa.
Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:
1. Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran teknik dasar pasing atas.
2. Rendahnya kemampuan dan keberanian siswa dalam melakukan teknik dasar pasing atas.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut di atas dapat disimpulkan beberapa faktor penyebab timbulnya permasalahan, di antaranya:
1. Guru belum menerapkan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang dilaksanakan.
2. Guru belum mengaktifkan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan metode
pembelajaran yang dapat membantu siswa kelas IV SD Negeri .... Kecamatan
.... Kabupaten .... untuk dapat melakukan pasing atas dengan baik dan
benar, yaitu metode tutor sebaya. Selama ini metode tutor sebaya belum
pernah digunakan dalam pembelajaran Bola voli mini di SD Negeri .....
Alasan penggunaan metode bantuan tutor sebaya sesuai dengan pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu bahwa:
1. Adakalanya hasilnya lebih baik bagi beberapa siswa yang mempunyai perasaan takut atau enggan kepada gurunya.
2. Bagi tutor pekerjaan tutoring akan dapat memperkuat konsep yang sedang dibahas
3. Bagi tutor merupakan kesempatan untuk melatih diri memegang tanggung jawab dalam mengemban suatu tugas dan melatih kesabaran.
4. Mempererat hubungan antar siswa sehingga mempertebal perasaan sosial.
Penggunaan metode tutor sebaya diharapkan dapat meningkatkan penguasaan
siswa terhadap teknik pasing atas, seperti yang disampaikan oleh Abu
Ahmadi dan Widodo Supriyono, bahwa tutor sebaya adalah siswa yang
ditunjuk atau ditugaskan membantu temannya yang mengalami kesulitan
belajar, karena hubungan teman umumnya lebih dekat dibandingkan hubungan
guru dengan siswa.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah “Bagaimanakah tutor sebaya dapat meningkatkan
hasil belajar pasing atas dalam permainan bola voli mini siswa kelas IV
SD Negeri .... Kecamatan .... Kabupaten ....?”
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pasing
atas siswa kelas IV SD Negeri .... Kecamatan .... Kabupaten .... melalui
bantuan tutor sebaya.
D. Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat hasil penelitian ini adalah hasil belajar pasing atas siswa
kelas IV SD Negeri .... Kecamatan .... Kabupaten .... meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar