PTK Penjaskesrek BAB I Sepak Bola Kelas 5 SD
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar
sangatlah penting sebagai dasar pendidikan anak ke tingkat yang lebih
tinggi. Keberhasilan pendidikan jasmani di sekolah dasar tergantung pada
kreatifitas guru dan penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai
dengan materi yang diajarkan. Penerapan pendekatan pembelajaran yang
kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil pembelajaran.
Kondisi nyata di lapangan menunjukkan bahwa modifikasi alat bantu
pembelajaran sangat jarang dilakukan oleh guru ketika melaksanakan
pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah
pembelajaran pendidikan jasmani cenderung tradisional, model
pembelajaran masih berpusat pada guru.
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar oleh guru
hendaknya dilakukan dengan memilih pendekatan pembelajaran yang tepat,
sehingga akan mendukung keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Dengan
penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada
keaktifan dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, sehingga hasil
belajar siswa dapat ditingkatkan.
Siswa SD Negeri .... pada umumnya sangat menyenangi mata pelajaran
Penjaskes terutama materi permainan sepak bola, akan tetapi masih ada
sebagian siswa yang kurang antusias pada pembelajaran tersebut, terutama
siswa perempuan. Siswa perempuan kurang tertarik dengan sepak bola
karena takut merasa sakit ketika menendang bola.
Fakta di lapangan menyebutkan bahwa, masih banyak siswa yang salah dalam
gerakan menendang bola pada permainan sepak bola. Sebagian siswa masih
menggunakan ujung kaki untuk menendang bola, sehingga akan meNIPbulkan
rasa sakit pada kaki, sehingga mereka enggan untuk berlatih gerakan
menendang bola, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal.
Hasil belajar siswa SD Negeri .... masih rendah, terbukti, hasil
evaluasi menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan, baru 10 siswa (35,7%) yang telah dapat
melakukan gerakan menendang sepak bola dengan baik dan benar dan
sisanya 18 siswa (64,3%) masih belum menguasai gerakan tersebut dengan
baik dan benar. Kondisi demikian apabila dibiarkan akan mempengaruhi
pencapaian prestasi belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan adanya suatu
permasalahan yang harus dicari jalan keluarnya. Oleh karena itu, perlu
dilakukan semacam tindakan yang dilaksanakan secara kolaboratif, yaitu
tindakan untuk meningkatkan keterampilan gerak menendang sepak bola pada
siswa kelas V SD Negeri .....
Tindakan tersebut adalah upaya meningkatkan keterampilan gerak menendang
sepak bola melalui modifikasi alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri
.... Kecamatan .... Kabupaten .... Tahun Pelajaran ..... Penggunaan
modifikasi alat bantu diharapkan dapat meningkatkan keterampilan gerak
menendang sepak bola pada siswa.
Alasan penggunaan modifikasi alat bantu tersebut adalah untuk mengatasi
rendahnya penguasaan keterampilan gerak menendang sepak bola pada siswa.
Dengan modifikasi alat bantu ini siswa akan dengan mudah mengikuti
pembelajaran keterampilan gerak menendang sepak bola, karena keaktifan
siswa akan dikembangkan sehingga pembelajaran tidak lagi berpusat pada
guru.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan keterampilan gerak
menendang sepak bola melalui modifikasi alat bantu pada siswa kelas V SD
Negeri .... Kecamatan .... Kabupaten .... Tahun Pelajaran ....?”
C. Tujuan Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
gerak menendang sepak bola melalui modifikasi alat bantu pada siswa
kelas V SD Negeri .... Kecamatan .... Kabupaten .... Tahun Pelajaran
.....
D. Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat hasil Penelitian ini adalah dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Bagi
Guru: melalui PTK ini guru dapat menggunakan modifikasi alat bantu,
khususnya untuk meningkatkan keterampilan gerak menendang sepak bola.
2. Bagi
Siswa: hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan
kreatifitas dan keberanian siswa untuk memberikan umpan balik terhadap
pembelajaran keterampilan gerak menendang sepak bola.
3. Bagi Sekolah: hasil penelitian ini membantu memperbaiki pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar